Kamis, 18 Februari 2016

Makalah penyakit dan kelainan pada tulang manusia

MAKALAH IPA
“PENYAKIT DAN KELAINAN
PADA TULANG MANUSIA”
 Disusun Oleh:
ANTI RAHMATIKA




Kelainan Dan Gangguan/penyakit pada tulang manusia

Gangguan Pada Tulang Manusia
1.( Osteoarthritis ) dan Osteoporosis (Pengeroposan Tulang/Tulang Keropos):
Kedua Penyakit tersebut dan gejala penyakitnya seringkali dicampuradukkan. Keduanya memang sama-sama mengacu pada Penyakit Tulang, sama-sama sering dijumpai pada kaum wanita usia > 50 tahun (atau post menopause) serta sama-sama merupakan penyakit menahun yang sulit untuk disembuhkan seperti sediakala.
Penyakit Osteoarthritis (OA) adalah Penyakit Tulang yang menggambarkan Kerusakan pada Tulang Rawan di Persendian. Jadi karena Proses Kerusakannya terjadi pada Tulang Rawan Persendian, maka kelainan dan nyeri yang sering dijumpai terjadi pada Sendi-sendi tubuh. Sesuai namanya, terjadi penumpukan zat Kapur atau Kalsium pada lokasi tulang rawan yang merupakan engsel dari sendi kita. Jadi istilahnya persendian kita aus ditandai dengan tulang rawannya yang rusak dan kemudian kerusakan itu secara alamiah ditutupi mekanisme tubuh dengan menimbun kalsium di tempat itu. Sialnya kalsium yang tertimbun itu merupakan zat yang keras, tidak seluwes tulang rawan sendi, dan juga bentuknya terkadang tajam-tajam tak beraturan sehingga yang terjadi kemudian adalah nyeri saat sendi digerakkan. Selain itu celah antar sendi menyempit sehingga membatasi gerakan sendi dan menimbulkan kekakuan.
Di luar dari mudahnya tulang yang keropos itu mengalami fraktur, tulang yang keropos hampir tak bergejala sama sekali, silent disease. Jadi jika Dengkul (Lutut) maupun Punggung Anda seringkali Kaku dan Nyeri, yang lebih rasional untuk dicurigai adalah si OA (pengapuran) bukannya si Osteoporosis. Keduanya memang dekat
dengan wanita usia post menopause dikarenakan proses metabolisme di tulang memang membutuhkan pengaruh dari hormone estrogen yang lazimnya menurun saat wanita post menopause. Selain itu
OA (pengapuran) sendi dipicu pula dengan berbagai trauma menahun pada sendi tersebut seperti misalnya over use saat olahraga (misalnya banyak menimpa para pesenam) maupun jenis trauma minor sekalipun seperti sering nyeletek-nyeletekin jari. Trauma menahun pada sendi akan membuat rawannya mudah aus akibatnya akan terjadi Penumpukan Kalsium disana (Osteofit). ( PeOsteoarthritisngapuran ) dan
Osteoporosis (Pengeroposan Tulang/Tulang Keropos):

Kedua Penyakit tersebut dan gejala penyakitnya seringkali dicampuradukkan. Keduanya memang sama-sama mengacu pada Penyakit Tulang, sama-sama sering dijumpai pada kaum wanita usia > 50 tahun (atau post menopause) serta sama-sama merupakan penyakit menahun yang sulit untuk disembuhkan seperti sediakala. Lalu kalau Pinggang atau Lutut Anda sering sakit apakah itu gejala Osterarthritis (Pengapuran) atau Osteoporosis (Tulang Keropos?)
Osteoporosis selain bergantung pada Fungsi Hormon Estrogen juga berkaitan dengan Stok Kalsium yang kurang pada tubuh, misalnya jarang minum susu. Namun yang penting untuk diketahui, puncak massa tulang kita sudah menurun saat kita mulai masuk usia kepala tiga, artinya kita harus sudah memulai menimbun kalsium sejak kita usia pertengahan untuk menjamin saat tua nanti tulang kita masih cukup padat. Jadi apabila sudah mengalami Osteoporosis dan baru memulai minum suplemen tinggi kalsium maupun susu tinggi kalsium, hal tersebut tidak
akan banyak faedahnya. Selain pada Susu, Kalsium yang tinggi juga dapat dijumpai pada ikan-ikan kecil seperti Ikan Teri. Kalsium dari Alamiah memang lebih dianjurkan, sementara Suplemen Kalsium Dosis Tinggi dapat menimbulkan beberapa masalah seperti terbentuknya batu saluran kemih serta adanya isu peningkatan Risiko Stroke dan Serangan Jantung yang menyertai para wanita usia lanjut yang mengkonsumsi Suplemen Kalsium secara rutin (sesuai laporan research di Auckland, New Zealand baru-baru ini).
2.Arthritis
Arthritis merupakan inflamasi pada satu atau lebih persendian yang menyebabkan nyeri, pembengkakan, kekakuan dan keterbatasan pergerakan. Telah diketahui ada lebih dari seratus jenis arthritis. Simptom utama arthritis adalah nyeri (pain) yang derajatnya bergantung kepada keparahan dan lokasi. Selain itu pasien berumur yang menderita arthritis akan menunjukkan sedikit pergerakan terkait rasa nyeri, sedangkan pada anak-anak akan menghindari penggunaan otot/ekstremitas yang mengalami arthritis.
Pada penyakit arthtritis terjadi kerusakan kartilago, yang mana dalam keadaaan normal kartilago berfungsi untuk gerakan-gerakan halus, melindungi persendian dan meredam goncangan dari luar. Akibat tidak ada/rusaknya kartilago, tulang akan saling bergesekan satu sama lain dan menyebabkan nyeri, pembengkakan (inflamasi) dan kekakuan. Penyebab arthritis ada bermacam-macam di antaranya penyakit autoimun, kerusakan tulang, serta infeksi (biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus).
Arthritis dapat menyerang pria dan wanita pada umur berapa saja. Sekitar 1 dari 7 warga Amerika menderita arthritis, dengan jumlah total penderita sekitar 37 juta orang.

3.Fraktura
            Yaitu patah tulang, dapat di timbulkan karena terjadinya benturan keras.

4. Rakitis
            Yaitu gangguan pada pembentukan tulang karena kekurangan vitamin D , akibatnya tulang menjadi lentur dan mudah mambengkok bahkan memendek.

5.Nekrosa
            Yaitu kerusakan pada selaput perriosteum tulang.



6.Kifosis
            Kiposis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke depan yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok
7.Lordosis
Lordosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke belakang yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok ke belakang.






8.Skoliosis
Skoliosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke samping baik kiri atau kanan yang membuat penderita bungkuk kesamping.
9.Osteosarkoma(kanker Tulang)
            Beberapa kasus kanke tulang disebabkan oleh tumor menular yang  muncul secara langsung di dalam tulang atau persendian yang di sebut SARKOMA.
10. Layuh Semu
            Yaitu kerusakan pada bagian cakra pifise karena infeksi baktei sifilis pada saat anak dalam kandungan.akibatnya  tulang menjadi tidak berdaya.

Cara Mengatasi  ;
1. Berolahraga teratur akan mengurangi risiko terkena penyakit tulang. Dengan banyak bergerak, komposisi tulang akan padat dan dapat dihindari keropos atau patah tulang.
2. Asupan makanan harus yang bergizi dan berserat tinggi. Usahan untuk mengonsumsi susu berkalsium tinggi
3. Jika Anda merasa ada keluhan di seputar tulang atau persendian, segera berkonsultasi ke dokter.
4. Melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D
5. Dianjurkan untuk tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
6. Melakukan tes kekuatan tulang secara rutin.



Penyebab Kelainan dan Gangguan Pada Tulang Lainnya yaitu:


 Kelainan dan gangguan pada tulang dapat mengganggu proses gerakan yabg normal. Kelainan dan gangguan pada tulang dapat terjadi karna kekurangan vitamin D, penyakit, kecelakaan, atau karena kebiasaan sikap tubuh yang salah dalam waktu lama.
Berbagai penjelasan penyebab dari kelainan dan gangguan pada tulang, antara lain :


Vitamin D (kalsiferol) adalah vitamin yang diperlukan untuk proses osifikasi (penulangan) pada tulang. Pada mamalia vitamin D dapat disentesis oleh tubuh dari provitamin D dengan bantuan ultraviolet. Kekurangan vitamin D dapat terjadi jika tubuh tidak menerima sinar matahari yang cukup. Kekurangan vitamin D pada anak-anak menyebabkan rakitis, biasanya terlihat pada pertumbuhannya yang terganggu dan kaki berbentuk later O atau X. Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D dan zat kapur menyebabkan penyakit yang disebut oateomalasia.

Kecelakaan
Gangguan pada tulang akibat kecelakaan antara lain :
  • Memar   
Gangguan ini merupakan sobeknya selaput sendi. Bila sobeknya selaput sendi diikuti lepasnya ujung tulang dari sendi yang disebut dengan urai sendi. 
  • Fraktura
Fraktura atau patah tulang dibedakan sebagai berikut :
  1. Patah tulang tertutup, bila tulang yang patah tidak merobek kulit.
  2. Patah tulang terbuka, bila tulang yang patah merobek kulit dan tulang mencuat ke tulang.
  3. Fisura, bila hanya tulang retak.



Kebiasaan Sikap Tubuh Yang Salah
Kebiasaan posisi tubuh yang salah yang dilakukan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kelainan pada tulang anda.Kelainan tulang itu antara lain :
  • Lordosis, yaitu kelaina pada tulang leher dan pinggul yang terlalu membengkok kedepan.
  • Kifosis, yaitu kelainan pada tulang punggung yang terlalu membengkok ke belakang. Kelainan ini dapat terjadi karena kebiasaan menulis yang terlalu membungkuk yang dilakukan selama bertahun-tahun.
  • Skoliosis, yaitu kelainan pada ruas-ruas tulang belakang yang membengkok kearah kiri (lumbar) atau kanan (thoracic).
Nekrosa
Terjadi bila selaput tulang (periosteum) rusak sehingga sebagian tulang tidak memperoleh makanan, lalu mati dan mengering.

Gangguan Persendian
  • Dislokasi, disebabkan bergesernya sendi dari kedudukan semula karena jaringan penggantungnya (ligamentum) sobek.
  • Ankilosis, adalah suatu keadaan persendian yang tidak dapat digerakkan karena seolah-olah menyatu.
  • Artritis, adalah peradangan yang terjadi pada sendi.Artritis dapat dibedakan menjdi 4 sebagai berikut:
a. Atritis Gout
Terjadi apabila adanya timbunan asam urat pada jari-jari tangan terutama pada sendi. Sebagai akibatnya ruas jari-jari membesar dan terasa sakit jika digerakkan.
b. Osteoartritis
Terjadi karena menipisnya tulang rawan sehingga mengalami degenerasi. Sebagai akibatnya terjadinya gangguan jika sendi digerakkan.
c. Artritis Eksudatif
Terjadi karena serangan kuman yang mengisin rongga sendi oleh cairan yang disebut getah radang.
d. Artritis Sika
Adalah berkurangnya minyak sendi yang menyebabkan rasa nyeri saat tulang digerakkan.

Jadi tetaplah jaga selalu kesehatan tulang anda dengan menjauhi penyebab terjadinya kelainan dan gangguan pada tulang anda, serta menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak tulang anda.



2 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
    Get directions, reviews and 보령 출장안마 information for Borgata 전라북도 출장마사지 Hotel 강릉 출장샵 Casino & 아산 출장샵 Spa in 경상남도 출장샵 Atlantic City, NJ. 1 Borgata Way, Atlantic City, NJ 08401. Directions.

    BalasHapus